Detail Berita

PUSLING TERPADU & VAKSINASI COVID-19 DESA BELOH

21 June 2021 02:24 Admin Kecamatan Gedeg Berita

Sesuai intruksi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity di wilayah Kabupaten Mojokerto kami melakukan program percepatan vaksinasi ke desa wilayah kerja UPT Puskesmas Trowulan. Mungkin beberapa masyarakat masih bingung dengan vaksinasi, maka kami jelaskan beberpa definisi vaksin.

Apa itu Vaksin Covid-19?

Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme atau bagiannya atau zat yang dihasilkannya yang telah diolah sedemikian rupa sehingga aman, yang apabila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh sehingga seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit berat. Selama belum ada obat khusus untuk Covid-19, maka vaksin Covid-19 yang aman dan efektif serta perilaku 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak) adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari Covid-19.

Sumber : https://corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi